Waktu Terkini :
Partai Peserta Pemilu 2014
  • PARTAI NASDEM

  • PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB)

  • PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS)

  • PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDIP)

  • PARTAI GOLONGAN KARYA (GOLKAR)

  • PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA (GERINDRA)

  • PARTAI DEMOKRAT

  • PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN)

  • PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP)

  • PARTAI HATI NURANI RAKYAT (HANURA)

  • PARTAI BULAN BINTANG (PBB)

  • PARTAI KEADILAN DAN PERSATUAN INDONESIA (PKPI)

  • PEMILU 2014

  • BLANK

Tautan Instansi


Piagam Muri


Beranda Berita KPU-Bawaslu-DKPP Téken Peraturan Bersama Kode Etik
PEROLEHAN KURSI DAN CALON TERPILIH ANGGOTA DPRD KABUPATEN CIAMIS

REKAPITULASI PEROLEHAN KURSI PARTAI POLITIK

PEROLEHAN SUARA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI CIAMIS TAHUN 2013

KPU-Bawaslu-DKPP Téken Peraturan Bersama Kode Etik PDF Cetak E-mail

Senin (10/9) pagi, 3 (tiga) pimpinan lembaga penyelenggara pemilu, yakni, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Muhammad, dan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Prof. Jimly Asshiddiqie, menandatangani Peraturan Bersama Tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilu.

Penandatanganan dilakukan di Ruang Sidang Utama KPU, Jl. Imam Bonjol 29, Jakarta, disaksikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Marzuki Alie; Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman; Ketua Komisi II DPR RI, Agun Gunanjar Sudarsa; Dirjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri, Tanribali Lamo; para pimpinan partai politik; BPPT; serta seluruh anggota KPU, anggota Bawaslu, anggota DKPP.

Peraturan Bersama Nomor 1 Tahun 2012, Nomor 11 Tahun 2012, dan Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilu itu terdiri atas 6 (enam) bab, dan 20 pasal.

“Penandatanganan ini harus dicatat sebagai sejarah, bahwa ketiga lembaga penyelenggara pemilu ini, telah membangun demokrasi Indonesia. Semoga bisa menjadi model di dunia,” kata Prof. Jimly dalam sambutannya.

Menurut Jimly, penandatanganan tersebut dilakukan tepat 2 (dua) hari sebelum tenggat waktu yang ditetapkan oleh Undang-Undang Penyelenggara Pemilu Nomor 15 Tahun 2011, Pasal 110 ayat (4), yakni 12 September 2012 atau 3 (tiga) bulan setelah DKPP mengucapkan sumpah/janji. DKPP sendiri diambil sumpah/janji-nya pada 12 Juni lalu oleh Presiden SBY di Istana Negara, Jakarta.

“Hari ini kami mengeluarkan Peraturan Kode Etik yang baru. Selama ini kan peraturan itu (kode etik-red) hanya ada di Peraturan KPU (PKPU Nomor 31 Tahun 2008-red). Sebenarnya, selain Kode Etik, kami (DKPP-red) juga telah menyusun Peraturan Nomor 2 tahun 2012 Tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilu,” urai Jimly.

Lebih lanjut, Jimly mengatakan, saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami krisis norma, termasuk norma hukum, norma etika, bahkan norma agama. Karena itu, menurutnya, bangsa Indonesia harus mulai menata kehidupan norma. Khusus norma politik, harus dijalankan agar taat pada hukum dan etika dalam berdemokrasi. Semua pihak harus diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk berkompetisi dalam berpolitik.

“Untuk mengembangkan demokrasi substantif, harus taat pada rule of law dan rule of ethic. Artinya, kalau KPU dan Bawaslu di seluruh Indonesia dapat memastikan tegaknya norma dan etik, maka semua dapat berjalan dengan semestinya,” tandasnya.

Mekanisme pengadilan etika di DKPP, kata Jimly, sifatnya terbuka, seperti di pengadilan. Semua pihak diberi peluang sama untuk membuktikan kebenaran. Kalau tidak terbukti, harus dikembalikan nama baiknya.

“Mekanisme terbuka itu penting untuk menjaga kewibawaan dan kehormatan penyelenggara pemilu . Ini penting untuk menjaga citra positif terhadap hasil pemilu,” katanya.

Hal senada diungkapkan Ketua KPU, Husni Kamil Manik. Menurutnya, penandatanganan Peraturan Bersama Kode Etik merupakan momentum penting untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2014.

“Bagi KPU, kode etik ini bukan hal baru, hanya, saat ini penegaknya sudah permanen. Saya ingin sampaikan, KPU tidak main-main dalam penegakan kode etik ini,” tegas Husni.

 
Capres-Cawapres 2014
  • Prabowo-Hatta
  • Jokowi-JK








Newsletter
Nama
Email
Pengunjung
mod_vvisit_counterHari ini21
mod_vvisit_counterKemarin107
mod_vvisit_counterMinggu ini128
mod_vvisit_counterBulan ini128
mod_vvisit_counterTotal62399
Kami memiliki 10 tamu online
Aplikasi Android


Aplikasi Android KPU Kab. Ciamis

 
 
 
Link Ke Halaman Paling Atas Link Ke Halaman Paling Atas